Teknologi dan Komputer

Cara Mengatasi HDMI to VGA Tidak Keluar Bunyi (Sound) Pada Laptop

Teknologi Virtual

Sekarang ini laptop keluaran terbaru tidak dilengkapi lagi dengan port VGA, sebagai gantinya produsen menyertakan port HDMI. Kenapa harus menggunakan High-Definition Multimedia Interface (HDMI) karena teknologi mampu menampilkan gambar kualitas HD dibanding Video Graphics Adapter (VGA) yang masih analog.

Yang menggunakan port HDMI biasanya laptop slim seperti Ultrabook, Ultrathin, dan Macbook Air. Fungsi port HDMI menghubungkan laptop ke proyektor untuk keperluan presentasi. Sangat disayangkan kebanyakan portn proyektor masih menggunakan VGA, akibatnya yang mempunyai lapto dengan port HDMI tidak bisa terhubung ke proyektor VGA.

Solusinya harus menggunakan alat tambahan yang bernama HDMI to VGA Adapter. Alat ini banyak dijual dipasaran dengan harga 100 ribuan, fungsinya sebagai converter gambar HDMI ke VGA. Ketika menggunakan converter ini muncul beberapa kendala diantaranya suarat laptop tidak keluar ketika memutar audio dan video atau media ain yang membutuhkan suara.

Bila Anda mengalami seperti yang dijelaskan di atas jangan panik dulu karena Admin memberikan solusinya. Ketika laptop terhubung ke LED/ LCD/ Proyektor maka pilihan audio ada 2 yaitu bawaan laptop dan audio dari HDMI to VGA Adapter. Bila tidak keluar bunyi berarti yang default audio HDMI to VGA Adapter. Cara mengatasinya Anda harus mengubah sebagai default adalah audio laptop. Selengkapnya silahkan simak tutorialnya berikut ini.

Cara Menagatasi HDMI to VGA Adapter Tidak Keluar Bunyi Pada Laptop:
1. Buka Control Panel > Pilih Sound


2. Select a playback device below to modifiy its settings > Pilih default  laptop Speaker

3. Silahkan coba untuk memutar musik maka akan keluar bunyinya
4. Semoga bermanfaaat.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu