Teknologi dan Komputer

Mengenal 6 Jenis Scanner Serta Kegunaannya

Teknologi Virtual

Scanner adalah peralatan komputer yang mempunyai fungsi untuk memindai gambar atau foto ke file digital. Sekarang ini kebutuhan akan scanner sangat tinggi, sekolah, perkantoran, warnet, dan pribadi juga membutuhkan alat ini.

Yang membedakan scanner dengan foto adalah bila scanner objek yang diambil tampilannya sama persih dengan aslinya sedangkan foto hanya mampu menangkap objek dari jarak agak jauh. Sebenarnya cara kerjanya mirip mesin foto copy tetapi kalau canner bentuknya file digital (jpeg, png, bmp, dsb).

Dengan menggunakan scanner maka Anda bisa dengan mudah mengcopy objek baik berupa tulisan dan gambar dengan mudah, Anda bisa mengcopy makalah, foto, tulisan di kertas menjadi bentuk digital dan disimpan dalam komputer. Hal ini sangat membantu Anda untuk membackup dokumen sehingga bisa dengan mudah mendapatkannya ketika dokumen hilang atau rusak.

Saat ini ada banyak sekali perusahaan atau instansi yang menggunakan scanner untuk mempermudah pekerjaan mereka. Beberapa jenis scanner yang ada dipasaran saat ini dijual dengan harga yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi dan juga performa yang dimilikinya. Anda bisa memilih jenis scanner yang sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Berikut beberapa jenis scanner yang bisa Anda pilih:

1. Scanner Flatbed


Ini merupakan jenis scanner yang paling banyak digunakan oleh para user di seluruh dunia. Bentuknya panjang dan lebih tipis. Scanner tipe ini biasa dipakai untuk melakukan scan terhadap berbagai macam dokumen berupa kertas, gambar, dan file lainnya. Salah satu bagian penting yang terdapat dalam flatbed scanner adalah adanya kaca tembus pandang yang berfungsi menscan file Anda. Kendati demikian, scanner ini mempunyai kelemahan yaitu tidak mampu melakukan duplikasi terhadap objek tiga dimensi.

2. Scanner Manual Feeding

Bentuk scanner ini sangat mungil, harganya pun relatif murah, antara 1 hingga 3 jutaan. Lensa tidak bergerak, tetapi kertasnya yang bergerak. Kertas yang akan di-scan harus dipilah dan dimasukkan 1 demi 1, tidak dapat ditumpuk begitu saja seperti pada printer. Kecepatan scanning model scanner seperti ini mencapai 3 halaman per menit. Scanner ini cocok untuk scanning puluhan dokumen, tetapi akan cukup melelahkan Anda bila digunakan untuk ratusan dokumen.

3. Scanner Automatic Feeding (ADF)

Scanner tipe ADF (Automatic Document Feeder) merupakan tipe scanner yang dikembangkan khusus untuk kebutuhan scan dokumen dalam jumlah banyak. Scanner tipe ini memiliki feeder (tray tempat menaruh kertas) dimana anda bisa meletakkan dokumen-dokumen anda dalam satu tumpuk untuk langsung di-scan. Scanner ADF memberikan fitur pilihan Simplex dan Duplex, dimana artinya scanner ADF bisa memiliki 2 mata scan sekaligus, sehingga proses scan untuk dokumen dua sisi bisa di-scan dalam 1 kali proses scan.

4. Scanner Barcode

Scanner barcode merupakan scanner yang digunakan untuk memindah data yang disimpan dalam bentuk kode tertentu. Data tersebut kemudian disimpan dalam bentuk barcode. Scanner jenis ini sering digunakan untuk menyimpan data atau untuk penyimpanan keterangan tertentu. Kini jenis secanner ini juga banyak digunakan untuk industri retail misalnya saja untuk supermarket atau swalayan.

5. Scanner Chek

Sacnener chek digunakan untuk memindahkan cek dalam bentuk digital dan disimpan didalam komputer atau laptop. Dengan adanya scanner ini maka Anda bisa memindah keaslian cek.

6. Scanner Logam

Bukan hanya kertas saja yang bisa dipindai namun logam juga bisa dipindai yaitu dengan menggunakan scanner logam. Scanner jenis ini berfungsi untuk memindai adanya logam pada benda-benda tertentu.

Beberapa jenis scanner tersebut sangat membantu masyarakat untuk memudahkan pekerjaan mereka. Scanner adalah salah satu alat penting yang harus dimiliki dalam perusataan atau instansi, demikian juga untuk membantu Anda.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu