Rabu, 29 Maret 2017

Cara Membuat File PDF Ukuran Kecil Dengan Kualitas Gambar Bagus

Terkadang untuk keperluan tertentu mengharuskan kita untuk mengupload file PDF seperti scan Ijazah dan transkip nilai. Untuk membuat file PDF bisa dari tulisan dan atau gambar foto kemudian disimpan dengan format PDF.

Cara paling mudah membuat file PDF menggunakan Office Word, Anda tak perlu lagi menggunakan aplikasi lain karena cukup rumit. Sekarang ini Office Word 2010, 2013, dan 2016 ada pilihan untuk Save as PDF, sedangkan untuk versi terdahulu seperti Office Word 2017 menggunakan plugin Save as PDF.

Masalahnya untuk keperluan upload file ada batasan berapa besar kapasitasnya, misalnya maksimal 1000 KB atau 1 MB. Namun bila Anda membuat file PDF yang berisi kumpulan scan foto dengan ukuran besar maka hasil PDFnya juga besar.

Untuk membuat file PDF ukuran kecil sangat mudah, Anda tinggal memilih options yang diberikan Office Word. Baiklah berikut ini cara membuat file PDF ukuran kecil namun tidak merusak kualitas gambar. Contoh kali menggunakan Office Word 2010, untuk seri lainnya kurang lebih caranya sama.

Cara Membuat File PDF Ukuran Kecil Dengan Kualitas Gambar Bagus:
1. Silahkan buat dulu file PDF dengan Office Word
2. Kemudian Simpan, pilih Save as Type > PDF


3. Perhatikan menu di atas, untuk membuat file PDF ukuran kecil pilih Otimiza for Minimun Size (publishing online)
4. Save
5. Lihat hasilnya, file PDF berhasil dibuat dengan ukuran kecil.

Demikian cara membuat file PDF ukuran kecil, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Bila ada yang kurang paham dan perlu ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon