Teknologi dan Komputer

Fungsi dan Cara Kerja DirectX Pada Komputer Windows

Teknologi Virtual

Bagi Anda yang mempunyai hobi installasi sendiri game komputer pasti tidak asing dengan istilah DirectX. Bisa di ibaratkan kalau DirectX adalah komponen pendukungnya. Terkadang banyak aplikasi game yang minta DiretX baru dapat dijalankan.

Setiap game perlu melakukan tugas tertentu secara berulang-ulang. Melihat input dari mouse, joystick, atau keyboard, dan menampilkan gambar layar sekaligus memutar suara atau musik. Itulah yang dilakukan setiap game pada tingkat yang paling sederhana.


Bayangkan seberapa kompleks bagi programer pada awal arsitektur PC sebelum Windows. Setiap programer perlu membuat cara mereka sendiri untuk membaca inputan keyboard atau mendeteksi apakah joystick terhubung, dan hanya digunakan untuk bermain game.

Bahkan diperlukan rute khusus untuk menampilkan gambar paling sederhana pada layar atau memutar suara sederhana.Pada dasarnya, programer game berbicara secara langsung ke hardware PC pada tingkat dasar. Pada waktu Microsoft memperkenalkan Windows, itu merupakan sangat penting bagi stabilitas dan kesuksesan PC di mana sesuatunya dipermudah baik bagi pengembang dan pemain.

Lagipula, siapa yang mau menulis game untuk suatu mesin jika mereka harus menemukan kembali rodanya setiap kali mereka membuat game baru? Ide Microsoft adalah sederhana: hentikan programer berbicara secara langsung kepada hardware, dan sebagai gantinya buat toolkit umum yang dapat mereka gunakan. Dari sini lahirlah DirectX.

Teknologi ini kali pertama diperkenalkan pada tahun 1995 dan menjadi standar untuk pengembangan aplikasi multimedia pada platform Windows.

Pengertian DirectX
Directx adalah sebuah aplikasi yang pada dasarnya menghubungkan sebuah program terhadap hardware. seperti misalnya mengizinkan game untuk berinteraksi dengan gamepad dan video card. biasanya disebut dengan istilah Application Programming Interfaces (API).

Definisi yang lain yaitu directx merupakan sebuah kumpulan API yang berisi command atau perintah untuk menangani hal dalam pemrograman multimedia khususnya game dalam sistem operasi Microsoft Windows.

Cara Kerja DirectX
DirectX merupakan penghubung interface antara hardware dalam komputer kita dan Sistem operasi, yang merupakan bagian dari Windows API (Application Programming Interface). Dalam penerapannya, ketika developer game ingin memutar file suara, maka mereka hanya perlu memanggil library yang sesuai. Pada waktu game berjalan, ia memanggil DirectX API, yang akan memutar file suara.

Dengan kata lain developer game tidak perlu tahu jenis sound card apa yang diakan dipakai oleh user, apa yang dapat dilakukannya, atau bagaimana berbicara kepadanya. Microsoft telah menyediakan DirectX, dan pabrikan sound card telah menyediakan driver yang berkemampuan DirectX. jadi developer hanya menanyakan suara yang ingin dimainkan, dan ini berlaku untuk semua jenis komputer.

Komponen DirectX
DirectX memiliki beberapa komponen yang saling melengkapi untuk dapat mengoptimalkan kinerja hardware, diantaranya:

1. DirectX Graphics
Merupakan komponen dalam DirectX yang menangani masalah pada graphic, biasanya sangat dibutuhkan oleh games yang akan kita mainkan. mulai dari direct draw ( graphic 2 dimensi ) sampai direct3d (graphic 3 dimensi).

2. DirectX Input.
Komponen pada directx yang menangani bagian peripheral hardware input, seperti mouse, keyboard, joystick, dll.

3. DirectX Sound
Komponen dasar yang berisi konfigurasi audio pada komputer. banyak media player yang mewajibkan adanya direct sound ini seperti misalnya VLC player dan WinAMP.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu