Selasa, 21 Maret 2017

Memahami Fungsi NET Framework Pada Komputer Windows

Pernahkan Anda menjumpai masalah saat installasi program komputer yang muncul pesan untuk memasang Net Framework terlebih dahulu baru program tersebut dapat di install. Lalu apa sih sebenarnya Net Framework itu? dan apa kegunaanya.

Perlu diketahui Net Framework adanya cuma di sitem operasi Windos karena yang buat aplikasi ini adalah Microsoft (Microsoft Net Framework). Biasanya aplikasi ini tidak dibundel jadi satu dengan master Windows melainkan harus di install secara manual dan install online.


Karena asitektur sistem operasi Windows ada dua yaitu Windows 32 Bit dan Windows 64 Bit maka Net Framework juga diklasifikasikan untuk 32 Bita maupun 64 Bit. Baiklah berikut ini arti Net Framework pada sistem operasi Windows.

Fungsi Net Framework Pada Komputer Windows
Microsoft .NET Framework adalah sebuah perangkat lunak (Software) yang digunakan terutama pada Sistem Operasi Microsoft Windows. NET Framework merupakan suatu lingkungan kerja untuk memudahkan pengembangan dan eksekusi berbagai macam bahasa pemrograman dan kumpulan  library agar dapat bekerja sama dalam menjalankankan aplikasi berbasis Windows.

Umumnya komputer hanya memiliki satu bahasa yaitu (assembly), maka ketika Anda mendeveloved sebuah aplikasi dengan bahasa .Net komputer tidak akan memahami bahasa tersebut. Oleh sebab itu diperlukan sebuah software (penerjemah) untuk bisa menjalankannya. Tidak heran beberapa software tidak bisa berjalan dengan baik (error) pada sebuah komputer jika bahasa yang digunakannya berbeda. Itulah gunanya menggunakan .NET Framework sebagai penerjemah bahasa tersebut.

Kerangka kerja ini menyediakan sejumlah besar pustaka pemrograman komputer dan mendukung beberapa bahasa pemrograman serta interoperabilitas yang baik sehingga memungkinkan bahasa-bahasa tersebut berfungsi satu dengan lain dalam pengembangan sistem.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon