Teknologi dan Komputer

Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan Secara Online Untuk Melihat Status Pembayaran

Teknologi Virtual

BPJS Kesehatan merupakan asuransi yang banyak digunakan rakyat Indonesia untuk menjamin dan sekaligus jaga-jaga bila sakit secara tiba-tiba. BPJS Kesehatan dibagi menjadi 3 kelas yaitu kelas I, kelas II, dan Kelas III.

Masing-masing kelas memiliki tagihan yang beragam yaitu kelas I Rp. 80.000, kelas II Rp. 51.000, dan kelas 3 Rp. 25.000 (tarif ini yang berlaku tahun 2017). Asuransi kesehatan BPJS mewajibkan para penggunanya untuk membayar iuran/ tagihan tiap bulan.

Baca: Pentingnya Mendaftarkan Bayi Dalam Kandungan Ke BPJS

Cara membayar BPJS Kesehatan bisa dilakukan secara langsung di Indomart, Alafamart, dan lain sebagainya yang telah menjalin kerja sama dengan BPJS. Ada juga yang dipotong langsung dari rekening tabungan, ini merupakan cara termudah membayar BPJS secara otomatis. Asalkan rekening tabungan ada uangnya maka iruan BPJS terbayar.

Baca: Syarat dan Cara Mendaftarkan Bayi Dalam Kandungan ke BPJS Kesehatan

Kendala yang dialami pengguna BPJS yang membayar iuran dari potongan rekening yaitu sering terjadi error. Kadang-kadang 2 bulan baru kepotong tagihan, kalau lagi normal tiap bulan kepotong BPJS.  Masalah ini sudah Admin laporkan kepihak Bank, mereka mengatakan terkadang memang ada kendala. Jadi misalkan selama 2 bulan atau lebi belum kena tagihan BPJS jangan panik, karena bulan berikutnya akan kepotong sesuai akumulasi berapa bulan belum kepotong.

Baca: Cara Mengganti Nama Calon Bayi Menjadi Nama Anak Pada Kartu BPJS

Sebenarnya iuran atau tagihan BPJS Kesehatan bisa dipantau secara online lo, cukup menggunakan No. BPJS dan Tanggal Lahir. Dengan cara ini Anda dapat mengecek langsung apakah BPJS telah terbayar atau belum.

Baca: KB IUD Nova T Gratis Dengan BPJS

Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan Secara Online Untuk Melihat Status Pembayaran:
1. Buka laman resmi BPJS Kesehatan https://www.bpjs-kesehatan.go.id 
2. Pada halaman Home/ Beranda pilih Cek Iuran Peserta



3. Masukkan No. Kartu BPJS dan Tanggal lahir, jangan lupa ketik Angka Validasi kemudian pilih Cek

4. Tunggu prosesnya higa hasil pengecekan ditampilkan
5. Berikut ini hasilnya, lengkap ditampilkan Nama, Nomor Peserta BPJS, Status Pesetam Tagihan, Denda, Total Tagihan, Tanggal Pembayaran, dan Saldo.

Syarat utama mendaftar BPJS Kesehatan yaitu menggunakan Kartu Keluarga (KK), bila dalam KK ada 3 anggota maka ketika Anda mengecek salah satu kartu BPJS maka ditampilkan secara keseluruhan sesuai jumlah anggota dalam KK.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu