Jumat, 21 April 2017

Daftar 5 Thermal Paste/ Pasta Prosesor Yang Paling Bagus Suhu Prosesor Dingin

Thermal Paste atau Pasta Prosesor adalah sebuah pasta untuk melindungi prosesor dari suhu panas. Letak Thermal Paste diantara prosesor dan heatsink komputer, lebih tepanya di atas punggung prosesor dan di bawah kipas prosesor.

Di pasara dijual berbagai macam Thermal Paste, yang yang bentuknya seperti jarum suntuk, ada juga yang dibungkus seperti balsem. Namun yang baik pilihlah pasta prosesor yang dibungkus seperti jarum suntik. Ternyata penggunaan Thermal Paste ada umur/ masanya lho, bila bagus bisa lebih dari 2 tahun, bila jelek 1 tahun perlu diganti.

Kalau dibiarkan saja menjadi kering dan suhu prosesor panas, akibatnya ketika komputer digunakan tiba-tiba hang atau restart dengan sendirinya. Kalau muncul tanda-tanda seperti itu segeralah bongkar komputer Anda dan ganti Thermal Pasternya.

Baca: Dilarang Menggunakan Pasta Prosesor Kemasan Balsem

Untuk mengecek suhu komputer sebelum dan atau sesudah ganti Thermal Paste silahkan download SpeedFan, di sana akan tertera panas CPU dan GPU. Jika panas CPU anda tidak digunakan (idle) mencapai angka yang tidak abnormal seperti 70 derajat celcius keatas maka lakukanlah pergantian Thermal Paste, ini merupakan langkah yang tepat.

Baca: 3 Aplikasi Untuk Mengetahui Temperatur Suhu Prosesor

Kapanpun anda ingin meng-install Heatsink maka butuh Thermal Paste ataupun jika saat Anda membongkar PC/Laptop untuk membersihkan debu-debu didalamnya, sebaiknya lakukan pengoleskan ulang dengan Thermal Paste yang baru untuk membuat hidup PC/Laptop lebih lama dan mencegah keringnya Thermal Paste.

Baca: Cara Menggunakan Thermal Paste Yang Benar

Heatsink yang baik tanpa Thermal Paste yang baik akan membuat kinerja Heatsink berkurang (dalam menghantarkan panas), dan berlaku untuk sebaliknya juga. Semakin baik Thermal Paste tentunya efek diberikan juga akan semakin baik efeknya dalam mengurangi panas dan semakin dinginnya CPU komputer/ laptop Anda.

Daftar 5 Thermal Paste/ Pasta Prosesor Yang Paling Bagus Suhu Prosesor Dingin:

1. Gelid GC-Extreme



2. Arctic MX-4


3. Tuniq TX-2


4. Prolimatech PK-3


5. Artic Silver 5

Dari beberapa pilihan Thermal Paste di atas sangat merekomendasikan Gelid GC-Extreme walaupun hanya berbeda 1-2 derajat celcius dalam mengurangi panas dari Thermal Paste yang lainnya namun jika ditest dalam hal seperti Overclocking maupun mengedit Video berukuran besar Thermal Paste Gelid GC-Extreme jelas menjadi Pemenangnya. Disamping bagusnya efek Gelid, Thermal Paste yang satu ini tergolong sangat langka.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon