Teknologi dan Komputer

Tips Ampuh Merawat Harddisk (HDD) Internal dan Eksternal

Teknologi Virtual

Tips Ampuh Merawat Harddisk (HDD) Internal dan Eksternal - Perangkat komputer dekstop (PC) maupun Laptop yang gampang rusak adalah Harddisk. Perangkat ini mempunyai fungsi untuk menyimpan data-data di dalam komputer. Oleh karena itu merawat harddisk hukumnya wajib, jangan sampai kena batch sector maka data Anda melayang.

Paling utama yang mempengaruhi kerusakan harddisk adalah daya listrik, oleh karena itu bila Anda menggunakan laptop jangan sekali-kali melepas baterai namun sebagai gantinya menggunakan charger laptop. Mereka yang melakukan itu berdalih supaya baterainya awet, ya pasti awet lha wong baterainya jarang digunakan. Yang jadi pertanyaan Anda lebih memilih harddisk atau charger yang rusak duluan?

Kalau untuk komputer dekstop (PC) disarankan penggunakan power suply (PSU) yang bagus, paling tidak ada sertifikat 80+. Bila Anda menggunakan power suply biasa maka daya yang mengalir ke komponen komputer tidak stabil akbitanya terjadi konsleting pada komponen harddisk. Bagi anak kulisan yang tinggal di kos-kosan menggunakan stavolt dan atau UPS

Teknologi harddisk semakin berkembang, sebagai gantinya ada perangkat penyimpanan data yang paling awet yaitu SSD. Perangkat ini diklain 10x kali lipat lebih awet daripada harddisk biasa. Bedannya bila SSD menggunakan chip, sedangkan HDD menggunakan piringan sebagai media penyimpanan data.

Namun bila laptop dan komputer dekstop masih menggunakan HDD, jangan khawatir cepat rusak karena ada informasi cara merawat harddisk yang baik dan benar. Berikut ini caranya:

1. Sebaiknya Gunakan Hard Disk Sesuai Kebutuhan
Yang dimaksud adalah, dalam memakai sebuah perangkat, pastinya tidak boleh kan menggunakannya secara berlebihan? Berlebihan dengan mencapai batas kemampuannya. Sebaiknya dalam menggunakan hard disk gunakannlah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misalnya memakai untuk urusan kerjaan dibidang IT, sebaiknya gunakan hard disk di atas kapasitas 500 GB tentu dengan kecepatan 7200 RPM. Dan jika menggunakannya untuk kegiatan biasa-biasa saja sebaiknya menggunakan hard disk dibawah 500 GB dengan berkecepatan 5400 RPM.

2. Sebaiknya Menggunakan Stabilizer atau Stavolt
Jika Anda sering perhatikan banyak sebuah perangkat komputer rusak akibat mati listrik. Itu karna mereka kebanyak tidak menggunakan Stabilizer atau Stavolt untuk menstabilkan listrik yang menuju perangkat komputer.

Hal ini tentu dapat memperpendek umur harddisk. Secara proses kerjanya, jika perangkat komputer sedang berjalan, dan pastinya harddisk tersebut akan menyimpan segala aktivitas di perangkat komputer. Akan tetapi tiba-tiba listrik di lokasi Anda mati.

Nah proses tersbut akan dihentikan secara paksa sehingga akan mengakibatan kerusakan pada harddisk. Pastinya nggak mau kan, makanya sebaiknya gunakan Stabilizer atau Stavolt pada perangkat komputer.

3. Sering Melakukan Defrag Harddisk
Dengan menggunakan perangkat komputer, maka dengan itu penggunaan data-data di hard disk akan mengalami fragmentasi dan tentu akan membuat performa harddisk menurun drastis. Nah bagaimana cara menghilangkan fragmen itu. harus melakukan proses yang dinamakan defrag.

Akan tetapi saat melakukan proses defrag jangan terlalu sering yah, karna dapat juga memperpendek umur harddisk jika digunakan secara berlebihan. Itulah informasi dari saya mengenai tips merawat harddisk yang eksternal dan internal. Pastinya jika rajin merawat harddisk, tentu akan membantu memperpanjang umur harddisk.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu