Kamis, 25 Mei 2017

Cara Install Wine Dengan Mudah di Linux UBUNTU 16.04 LTS

Wine merupakan kepanjangan dari Wine Is Not An Emulator adalah aplikasi untuk menjalankan program windows di linux, dalam hal ini adalah linux Ubuntu.

Ini adalah salah satu keunggulan dari linux, Anda tetap bisa menjalankan program windows dengan Wine. Meskipun begitu tidak semua aplikasi windows berjalan lancar, namun tetap bisa menggunakannya.


Car termudah install wine di linux Ubuntu 16.04 adalah melalui Ubuntu Software (sangat direkomendasikan untuk mendapatkan versi paling stabil). Syaratnya komputer harus terhubung ke internet baru dapat install wine.

Cara install wine di linux Ubuntu dengan Ubuntu Software caranya dengan mengetikkan keyword aplikasi wine, misalnya "Wine". Setelah pencarian ditampilkan, saatnya install di linux dengan memilih install.

Selain melalui Ubuntu Software Anda dapat menginstall wine melalui terminal dengan mengetik beberapa perintah untuk installasi wine. Cara ini lebih rumit, namun untuk belajar linux sangat bagus.

Versi wine yang paling stabil hingga saat ini adalah 1.8, meskipun begitu Anda juga dapat mencoba 1.9 yang masih tahap pengembangan. Sebaiknya gunakan wine yang paling direkomendasikan oleh linux.

Cara Install Wine Dengan Mudah di Linux UBUNTU 16.04 LTS
1. Hubungkan komputer dengan internet
2. Buka termnal
3. Ketik perintah ini satu-persatu kemudian Enter
$ sudo add-apt-repository ppa:wine/wine-builds
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install --install-recommends wine-staging
$ sudo apt-get install winehq-staging
4. Tunggu proses installasi hingga selesai
5. Kini Anda siap menjalankan program windows di linux Ubuntu.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon