Teknologi dan Komputer

Cara Membuat Linux BlankOn Live USB Flashdisk

Teknologi Virtual

Cara membuat Linux BlankOn live on USB Flasdisk - Yang dimaksud live di sini adalah menjalankan sistem operasi Linux BlankOn tanpa harus menginstall di komputer/ laptop, melainkan dijalankan menggunakan USB Flashdisk.

Kenapa harus live? ya tujuannya untuk menjajal sistem operasi Linux, bila dirasa cocok bisa langsung diinstall pada komputer/ laptop. Selain itu biasanya digunakan untuk menyelamatkan data komputer bila terjadi error sewaktu-waktu yaitu dengan membackup data pada mode Linux Live.

Linux BlankOn adalah sistem operasi yang dikembangkan anak negeri. Pemberian nama pada setiap seri Linux juga unik, yang terbaru adalah BlankOn Tambora. Sebelumnya menggunakan nama BlankOn Komodo.

Aplikasi yang dibundle oleh BlankOn disesuaikan dengan kebutuhan orang Indonesia, rekomended banget bagi Anda yang ingin beralih dari sistem operasi Windows ke Linux. Informasi selengkapnya mengenai BlankOn dapat dilihat pada situs resminya BlankOn Indonesia.

Anda juga dapat mengunduh Linux BlankOn terbaru di https://www.blankonlinux.or.id. Setelah mendapatkan master BlankOn.ISO selanjutnya bisa dibuat versi Live dan atau langsung diinstall pada komputer. Membuat Linux Live menggunakan USB Flashdisk sedikit lebih ribet daripada menggunakan DVD yang tinggal burning saja.

Cara Membuat Linux BlankOn Live on USB Flashdisk:
1. Pastikan Anda mempunyai master Linux BlankOn, bila belum silahkan download di sini
2. Download aplikasi membuat Linux Live yang bernama UNetbootin di sini


3. Bila menggunakan Windows saat membuat Linux Live pilih Windows
4. Jalankan UNetbootin
5. Pilih Diskimage kemudian browse dimana letak Linux BlankOn.ISO

6. Setelah memilih master Linux BlankOn kemudian Open

7. Lanjutkan dengan memilih OK untuk proses pembuatan Linux Live

9. Tunggu prosesnya hingga selesai

10. Kini Anda dapat menjalankan Linux BlankOn Live on USB Flashdik. Untuk menjalankan pastikan boot priority pada komputer Anda yang jalan USB Flashdisk dulu.

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Ilmu Komputer

Linux

Indoamaterasu