Kamis, 18 Mei 2017

Win32 Disk Imager, Aplikasi Membuat Bootable Windows dan Linux Suport UEFI BIOS

Win32 Disk Imager adalah aplikasi untuk membut bootable operating system via USB Flashdisk. Win32 Disk Imager suport semua sitem operasi Windows dan Linux, jadi bila komputer/ laptop Anda tidak dilengkapi optical drive (DVD-R) tidak usah bingung karena kini Anda dapat membuat bootable Windows dan Linux untuk keperluan installasi dengan Flashdisk.

Win32 Disk Imager suport UEFI BIOS, rata-rata komputer/ laptop keluaran terbaru telah dilengkapi UEFI BIOS. UEFI singkatan dari Unified Extensible Firmware Interface yang merupakan standart teknologi terbaru yang memiliki fungsi untuk mempercanggih daripada fungsi program BIOS tersebut.

Baca: Pengertian UEFI BIOS dan Legacy OS Pada Pilihan Boot Mode

Pengertian UEFI sendiri adalah komponen software yang terdapat pada sistem komputer modern. Awal kemunculannya interface UEFI ini hanya digunakan untuk komputer server namun saat ini interface UEFI mulai digunakan pada komputer PC high end dan juga laptop kelas menengah keatas.

Cara membuat bootable operating system menggunakan Win32 Disk Imager cukup mudah, syaratnya mempunyai USB Flashdisk dengan kapasitas 4 GB dan master Windows/ Linux dengan format .ISO atau .IMG.

Aplikasi Win32 Disk Imager dapat digunakan pada semua versi Windows, ukuran filenya yang kecil dan kemudahan dalam membuat installer Windows/ Linux membuat aplikasi ini banyak diminati klalayak banyak.

Cara membuat bootable Windows dan Linux Suport UEFI BIOS:
1. Siapkan master Windows/ Linux dengan format ISO/ IMG
2. Tancapkan USB Flashdisk ke komputer/ Laptop 
3. Download dulu Win32 Disk Imager
4. Selesai download jalankan Win32 Disk Imager
5. Lihat gambar di bawah ini, pastikan USB Flashdisk telah terbaca drivenya. Misalnya drive H, kemudian pilih icon folder

6. Untuk sistem operasi dengan ekstensi ISO biasanya tidak terbaca, solusinya arahkan cursor mouse ke Disk Image (*.img *.IMG) ganti dengan memilih tanda bintang *.*

7. Pilih sistem operasi yang madu dijadikan bootable, misalnya Linux Mint kemudian Open

8. Lanjutkan dengan memilih Write

9. Maka muncul peringatan Writing to .... lanjutkan dengan memilih Yes

10. Tunggu prosesnya hingga selesai
11. Sekarang bootable Linux berhasil dibuat, untuk bootable Windows via USB Flashdisk kurang lebih caranya sama.

Download Win32 Disk Imager

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon