Minggu, 11 Juni 2017

Cara Membuat atau Edit Video Dengan Ukuran Hasil Penyimpanan Kecil

Sekarang ini lagi ramainya memanfaatkan video untuk meraup keuntungan, yang menarik bila dulunya profesi ini hanya dilakukan oleh mereka yang mempunyai kemampuan di bidang komputer dan editing video sekarang kalangan artis juga memanfaatkannya.

Mereka memanfaatkan ketenaran artisnya sehingga ketika mengunggah video di Youtube langsung banyak yang melihatnya. Anak kecil juga ikutan meramaikan video dengan membuat review produk, sebut saja Jidate Ahmad yang sukses dengan Youtubnya.

Sebenarnya untuk editing video sederhana sampai mahir tak perlu sekolah atau ikut kursus, yang penting ada kemauan dan mecoba pasti bisa. Anda bisa memanfaatkan program pengolah video seperti Adobe Premiere, Corel Video Studi, Wondershare Filmora, dan Camtasia.

Pilih aplikasi yang mudah digunakan bila mahir bisa mencoba aplikasi editing video lainnya. Permasalahan yang sering muncul adalah kapasitas penyimpanan hasil editing video terlalu besar. Bila Anda mempunyai kecepatan internet yang mumpuni mungkin tak jadi masalah, namun bila online menggunakan jaringan GSM/ CDMA dengan kecepatan sedang pasti sangat lama upload video ukuran besar.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut sebenarnya bisa diakali dengan menggunakan 2 aplikasi. Misalnya edit video pertama menggunakan Wondershare Filmora dan aplikasi kedia Camtasia. Hingga saat ini aplikasi edit video terbaik dengan penyimpanan kecil adalah Camtasia, aplikasi ini mampu menangkap rekaman layar komputer dan melakukan editing sederhana.

Yang menarik meski hasil penyimpanan kecil gambarnya kualitas HD, cocok diupload Youtube. Penaran gimana cara menggunakannya silahkan simak tutorialnya berikut ini.

Cara Menyimpan Hasil Edit Video Dengan Ukuran Kecil (klik pada gambar untuk melihat tampilan yang lebih besar):
1. Silahkan buat video dari foto atau hasil rekaman kamera Anda
2. Contoh ini menggunakan Wondershare Filmora


3. Simpan hasil editing video tersebut
4. Silahkan lihat hasil videonya ukurannya cukup besar yaitu 638 MB, kalau upload di Youtube bisa berjam-jam ni

4. Jalankan aplikasi kedua Camtasia
5. Buka video hasil edit tadi (dalam hal ini edit melalui Wondershare Filmora)

6. Langsung saja simpan menggunakan format MP4, seperti pada gambar di atas
7. Tunggu proses rendering video hingga selesai
8. Kemudian coba lihat kapasitasnya jadi berapa

9. Hasilnya cukup mengejutkan dari 638 MB menjadi 170 MB
10. Semoga bermanfaat.

Demikian informasi cara membuat atau menyimpan video dengan hasil penyimpanan kecil. Bila ada yang kurang paham silahkan ditanyakan pada kolom komentar.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon