Rabu, 30 Agustus 2017

Berapa Ukuran Partisi Swap Untuk Installasi Linux

Bagi Anda yang baru mencoba dan ingin belajar tentang linux pasti bertanya-tanya berapa ukuran partisi Swap untuk installasi linux. Partisi Swap ini harus ada bila Anda menginginkan dual boot antara linux dan windows. Namun bila install linux saja maka secara otomatis partisi Swap terbentuk dengan sendirinya.

Nah berikut ini Admin akan memberikan gambara berapa besar partisi Swap untuk dual boot linux dan windows, namun sebelumnya Anda harus paham apa yang dimaksud partisi Swap. Partisi Swap adalah sebuah ruang pada hardiak yang dijadikan ruang virtual memory yang digunakan ketika komputer/ laptop membutuhkan lebih banyak memory. Dalam artian partisi dengan filesystem Swap ini bekerja sebagai cadangan, apabila RAM yang digunakan penuh.

Partisi Swap

Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa partisi Swap merupakan memory cadangan bila memory utama penuh. Jadi besarnya partisi Swap harus 2 kali lebih besar dari memory komputer/ laptop. Misalnya Anda mempunyai laptop dengan memory RAM 4 GB, kemudian ingin menginstall linux Mint dual boot windows 10 maka besarnya partisi Swap adalah 8 GB (2x4). Semakin besar partisi Swap semakin bagus yang artinya proses kinerja komputer berjalan cepat. Fungsi dari memory RAM adalah menyimpan data sementara saat komputer menjalankan perintah.

Berapa Ukuran Partisi Swap Untuk Installasi Linux?
Jawabannya adalah 2 kali atau lebih yang terdapat pada memory RAM komputer/ laptop.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon