Selasa, 29 Agustus 2017

Cara Install VLC Media Player di Linux Ubuntu

VLC Media Player adalah aplikasi pemutar video gratisan yang paling banyak digemari oleh para penggunanya untuk memainkan filem atau file video. VLC Media Player suport semua jenis file vide, jadi ketika Anda memasang program ini di Linux Ubuntuk maka dapat memutar beragam video.

VLC Media Player suport untuk semua platform seperti Linux, Windows, Mac OS, dan Android. Menginstall VLC Media Player di linux tidak semudah di Windows yang hanya tinggal klik saja. Kali ini Admin berbagi informasi cara install VLC Media Player di Linux Ubuntu melalui terminal dan software center.

VLC Media Player on Ubuntu

Kenapa VLC Media Player Begitu Penting di Platform Linux?
Secara default ketika Anda menggunakan player bawaan Linux seperti yang di Ubuntu maka untuk memutar file audio saja tidak bisa, apalagi video. Linux mengharuskan kita untuk menginstall repository sendiri atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti VLC Media Player.

Besarnya insaller Linux berbeda dengan Windows yang mencapai 4 GB, di Linux kisaran 2 GB. Linux sengaja membundle System Operasinya dengan ukuran kecil, namun bisa mendownloadnya sendiri semua aplikasi yang suport Linux. Sedangkan Windows membundle System Operasinya lengkap makanya ukuran filenya besar.

Cara Install VLC Media Player di Linux Ubuntu

#1. Install VLC Media Player dengan Terminal
1. Buka terminal pada Linux Ubuntu
2. Ketik perintah berikut ini
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install vlc browser-plugin-vlc
3. Tunggu proses intallasi sampai selesasi, kini Anda dapat mencoba memutar file video.

#2. Cara Install VLC Media Player di Ubuntu Software
Ubuntu Software adalah penyedia aplikasi gratis dari Linux Ubuntu. Semua aplikasi dapat Anda dapatkan secara cuma-cuma seperti VLC Media Player. Caranya cukup mudah, buka VLC Media Player kemudian ketik VLC. Kemudian pilih install VLC Media Player, tunggu proses installasi hingga selesai.

Dari kedua cara install VLC Media Player pilihlah yang paling mudah. Bagi pemula pasti memilih cara kedua karena paling mudah, namun mencoba cara pertama juga nggak kalah menarik sambil belajar perintah Linux di terminal.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon