Senin, 02 Oktober 2017

Mengenal Jenis-Jenis Printer Yang Ada di Pasaran

Printer adalah sebuah alat yang fungsinya untuk mencetak data digital menjadi hard file. Yang membedakan foto copy dengan printer adalah input datanya, bila foto copy menggunakan gambar (teks, foto) sebagai inputnya kalau printer berupa data digital (soft file). Hasil yang dikeluarkan dari kedua alat tersebut adalah sama yaitu hard file.

Jenis-jenis printer yang dijual di pasaran itu ternyata banyak ragamnya, setidaknya ada 4 jenis printer yang berhasil Admin rangkum. Dengan mengenal jenis-jenis printer ini diharapkan dapat membantu Anda memilih jenis printer yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Printer Thermal

4 Jenis Printer Yang Ada di Pasaran

 

1. Printer Inkjet
Prinsip kerja Proses pencetakan dari printer ini adalah menyemprotkan tinta melalui printhead/ kepala cetak ke media cetak seperti kertas, karton, vinyl, label, atau lainnya. Printhead mempunyai system kerja mekanis (printhead piezo, biasanya model Epson) atau panas (printhead thermal, biasanya model HP & Canon) untuk menekan aliran tinta agar keluar dari printhead, beberapa model printernya: HP Deskjet series, Canon IP MP Series, Epson L series dan beberapa model Printer Infus/ Inktank lainnya

2. Printer Laserjet

Prinsip kerja proses pencetakan dari printer ini adalah dengan menembakan muatan listrik statis kepada OPC drum (tabung aluminium berwarna) menggunakan lampu laser (lampunya seperti LED dan terintegerasi dengan lapisan kaca dan motor), dimana setiap muatan listrik yang telah ditembakan oleh lampu laser ke OPC drum akan menarik serbuk toner menempel ke drum dan akan ditempelkan pada media cetak (kertas, label, sticker, atau lainnya). Beberapa model printernya: HP Laserjet, Canon Lasershot, Fuji Xerox Docuprint, Brother Laserjet dan lainnya.

3. Printer Dot Matrix
Prinsip kerja utama printer dot matrik dalam proses pencetakan adalah system mekanis magnetic pada printhead. Struktur utama pada printhead dot matrix adalah jarum-jarum dan kumparan tembaga. Cara kerjanya jarum akan bergerak karena adanya gaya magnetic yang dihasilkan kumparan tembaga dan akhirnya menekan pada pita ribbon (pita karbon) dan kertas serta meninggalkan bekas tekanan berupa karbon hitam/biru pada kertas. Beberapa model printernya: Epson LX300 LQ2190

4. Printer Thermal
Prinsip kerja printer thermal untuk proses pencetakan adalah dengan memanaskan kertas thermal (kertas khusus printer thermal) menggunakan head pemanas yang bentuknya memanjang sesuai area cetaknya. Kertas thermal yang terkena panas akan menghasilkan gambar warna hitam. Beberapa model printernya: Mesin EDC, Mesin Kasir, Thermal Mesin Fax (mesin fax model lama).

The author of the blog Teknologivirtual

2 comments

Q golek seng iso gawe ngeprint pembayaran listrik enak e gawe opo ris?..,mat krucuk

Enek cak, akeh. Bentuk e printer cilik, saiki bisnis listrik to..


EmoticonEmoticon