Senin, 02 Oktober 2017

Perbedaan Blog dengan Website Secara Terperinci

Berdasarkan sejarahnya, Blog pertama kali telah dipopulerkan oleh Blogger.com yang pemiliknya bernama Pyra Labs yang sebelumnya telah diakuisis oleh Google pada akhir 2002 hingga sekarang. Pada saat itu, telah terdapat banyak berbagai aplikasi yang sifatnya terbuka yang telah diperuntukkan secara khusus untuk para penulis artikel di blog tersebut.

Blog mempunyai beberapa fungsi, seperti terdapatnya sebuah catatan harian, program media-media, program perusahaan-perusahaan, dan media publikasi dalam sebuah kampanye politik serta masih banyak lagi yang terdapat di blog yang dapat dipergunakan sesuai dengan fungsinya.

Perbedaan Blog dengan Website

Blog menurut wikipedia Indonesia, yaitu merupakan singkatan dari web log (aplikasi web) yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selalu demikian. Situs web seperti ini memang bisa diakses oleh semua penggunanya.

Blog mempunyai sebuah istilah/ sebutan berdasarkan fungsinya, seperti blogosphere. Blogosphere merupakan kumpulan blog atau sering di artikan sebagai situs-situs web yang saling berkaitan berkat adanya blog. Selain itu di blog juga ada istilah blogstorm atau badai blog yaitu sebuah kumpulan gelombang aktivitas, opini dan informasi yang sangat besar dan berulang kali muncul secara kontroversial yang terjadi pada bloosphere.

Komunitas/ Blogger Community

Blogger Comunity/ Komunitas Blogger adalah sebuah ikatan yang telah terbentuk dari para blogger itu sendiri berdasarkan kesamaan-kesamaan yang telah mereka tentukan, misalnya kesamaan kampus, kesamaan mimpi, kesamaan cita-cita, kesamaan profesi dan lain sebagainya. Para blogger yang mempunyai kesamaan-kesamaan tersebut pada dasarnya untuk membentuk kekuatan dari komunitasnya, maka mereka sering mengadakan silaturahmi seperti kopi darat (Kopdar). Biasnaya para blogger yang tergabung dalam komunitas masing-masing mereka menentukan syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk bisa bergabung dengan komunitas blog mereka.

Jenis-Jenis Blog

 

1. Blog Personal/ Pribadi
Blog jenis ini biasa disebut juga sebagai buku harian berbasis online yang di dalamnya berisikan pengalaman keseharian seseorang, kesenangan seseorang, curahan hati seseorang, syair lagu, curahan puisi, dan lain sebagainya.

2. Blog Bertopik
Blog seperti ini biasanya berisis tulisan-tulisan yang fokus pada satu pembahasan atau topik pembahasannya lebih spesifik.

3. Blog Kesehatan
Blog jenis ini biasanya menyajikan tulisan-tulisan yang mengandung manfaat dalam penanganan suatu penyakit, keuhan pasien, tentang obat-obatan dan sebagainya seputar kesehatan.

4. Blog Media
Blog jenis seperti ini biasanya menyajikan tulisan atau artikel yang membahas suatu informasi yang sedang populer, terkini dan sebagainya.

5. Blog Hukum
Blog jenis ini biasanya menyediakan informasi seputar kejaidan perkara dan cara mengatasinya sesuai peraturan di dalam hukum.

Website

Situs web atau dalam bahasa Inggris : website yaitu suatu halaman web dimana saling berhubungan yang pada umumnya berada pada peladen yang sama yaitu berisikan kumpulan informasi yang telah disediakan secara perseorangan, kelompok, maupun organisasi. Website pada umumnya telah disiapkan dengan terhubungnya sebuah server yang hanya memerlukan jaringan internet untuk dapat mengaksesnya, dan dapat dikases juga melalui LAN (Local Area Network) atau sering dikenal secara populer sebagai URL.

Sebuah situs yang tergabung dengan situs lainnya yang dapat diakses oleh publik melalui internet maka disebut sebagai WWW (Worl Wide Web). Meskipun situs web ini dapat diakses oleh publik tanpa mengenal latar belkaang dan sebagainya, tetapi website ini juga ada yang dibatasi oleh pemilik website tersebut kepada pengunjung webnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan oleh pemilik website.

Pada sebuah halaman web, itu merupakan berkas yang telah ditulis sebagai berkas teks biasa atau disebut juga plain teks yang telah diatur sedemikian rupa dan telah dikombinasikan dengan instruksi-intruksi seperti HTML atau XHTML, tetapi terkadang juga biasa disisipkan sekelumit bahasa skrip. Kemudian akan nampak halaman pada monitor komputer/ PC yang telah diterjemahkan oleh perambaan web.

Sejarah ditemukannya website ini telah diawali oleh Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee, dan untuk situs web yang dapat tersambung dengan jaringan pertamakali dimunculkan pada tahun 1991. Sebuah situs web/ website ini juga bisa berupa dari hasil kerja individu/ perseorangan, bisa juga ditandai dengan kepemilikan suatu organisasi, perusahaan, dan lain sebagainya.

Pada umumnya suatu server web telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus yang bertujuan untuk menangani pengaturan nama ranah, juga menangani layanan terhadap protokol HTTP atau bisa di sebut sebagai Server HTTP (dalam bahasa Inggrisnya: HTTP Server) misalnya seperti Apache HTTP Server.

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon