Sabtu, 18 November 2017

Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Warna (Brightness) Linux Mint

Permasalahan yang sering muncul ketika menggunakan system operasi Linux termasuk Linux Mint adalah pada dukungan hardware. Entah kenapa semua perangkat komputer yang dijual di pasaran semuanya kompatible dengan Windows, sedangkan untuk Linux didukung oleh pengembang saja.

Seperti halnya mengatur tingkat kecerahan layar atau brightness pada Linux Mint. Untuk laptop mestinya bisa menggunakan perintah FN + F12 namun responnya lama sekali sehingga harus mengatur secara manual melalui Power Manager.

Bila Anda termasuk salah satu pengguna Linux Mint yang mengalami masalah seperti dijelaskan Teknologivirtual.com maka tepat sekali membaca artikel ini untuk menemukan jawabannya. Baiklah berikut ini cara mengontrol brightness Linux Mint.

Cara Mengatur Kecerahan Warna pada Linux Mint:
Cara meredupkan tampilan layar komputer atau mencerahkan pada Linux Mint sebenarnya ada 3 cara yaitu yang pertama melalui perintah FN + F12, yang kedua mengatur melalui icon baterai pada taskbar Linux Mint, dan yang ketiga melalui Power Manager.

Biasanya untuk cara pertama dan kedua tidak bisa maka harus menggunakan cara yang ketiga. Silahkan buka Power Manager (contoh kali ini menggunakan Linux Mint versi Xfce, untuk versi lainnya kurang lebih caranya sama.

Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Warna (Brightness) Linux Mint

Setelah jendela Xfce Power Manager terbuka silahkan pilih tab Display > Brightness reduction. Atur tingkat kecerahan warna pada saat laptop tidak di charge atau pada saat di charge melalui control On inactiviting reduce to...

Jangan lupa untuk menutup jendela Xfce Power Manager kemudian lihat hasilnya. Kini Anda telah berhasil mengatur tingkat kecerahan Linux Mint.

Baca: Cara Install Wine Versi Terbaru di Linux Mint dan Ubuntu

The author of the blog Teknologivirtual


EmoticonEmoticon