Teknologi dan Komputer

Cara Install .NET Framework Windows 10


Berbeda dengan Windows dibawahnya yang bisa diinstall .NET Framework secara ofline (ofline installer) pada Windows 10 harus mendownload dan menginstallnya secara online. Net Framework berfungsi menjalankan program Windows yang membutuhkan .NET Framework seperti Driver VGA, dan softawre lainnya.

Microsoft .NET Framework (dibaca Microsoft Dot Net Framework) atau lebih dikenal dengan singkatan dot net (tidak berhubungan dengan domain .net) merupakan sebuah perangkat lunak kerangka kerja yang berjalan utamanya pada sistem operasi Microsoft Windows, saat ini.

NET Framework umumnya telah terintegrasi dalam distribusi standar Windows (mulai dari Windows Server 2003 dan versi-versi Windows yang lebih baru). Kerangka kerja ini menyediakan sejumlah besar pustaka pemrograman komputer dan mendukung beberapa bahasa pemrograman serta interoperabilitas yang baik sehingga memungkinkan bahasa-bahasa tersebut berfungsi satu dengan lain dalam pengembangan sistem.

Berbeda halnya dengan tipikal aplikasi konvensional umumnya, program yang ditulis dengan memanfaatkan .NET Framework berjalan pada lingkungan perangkat lunak melalui Common Language Runtime, dan bukan perangkat keras secara langsung.

Hal ini memungkinkan aplikasi yang dibuat di atas .NET secara teoritis dapat berjalan pada perangkat keras apapun yang didukung oleh .NET Framework. Perangkat lunak ini adalah kunci penawaran utama dari Microsoft, dan dimaksudkan untuk digunakan oleh sebagian besar aplikasi-aplikasi baru yang dibuat untuk platform Windows.

Cara install .Net Framework Windows 10 secara online:

1. Control Panel > Windows Update > Install Updates

Windows Update Windows 10

2. Turn Windows feature on or of

Turn Windows feature on or of Windows 10

3. Beri tanda centang pada .Net Framework 3.5 (Includes .Net 2.0 and 3.0) dan .Net Framework 4.5 Advanced Services

Windows 10 Feature

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags:

Related: Cara Install .NET Framework Windows 10