Mengenal 15 Prosesor AMD Dari Awal Hingga Ryzen

Pada bulan Februari 2017, AMD secara resmi meluncurkan prosesor generasi terbarunya dengan nama kode Ryzen. Hadirnya generasi terbaru ini se...

Pengertian HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) Fungsi dan Perannya

Jika Anda sering berselancar di Internet, pastinya sering melihat dan mendengar Istilah http. Sebenarnya untuk penggunaannya sendiri tidak terlalu dibutuhkan oleh Anda yang hanya ingin mencari info, berita, dankabar terbaru. Tetapi tidak ada salahnya juga kan jika Teknologivirtual menjabarkan secara lengkap apa itu http dan apa fungsi, peranan http.

# Pengertian HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
Http atau kepanjangannya Hyper Text Transfer Protocol adalah protocol yang menyediakan perintah dalam komunikasi antar jaringan, yaitu antara jaringan komputer client dengan jaringan komputer server.

Client adalah web pengguna atau web browser, sedangkan server adalah pemberi tanggapan dengan menyimpan atau mengambil sumber daya yang diminta dengan menghubungkan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, selanjutnya membentuk WWW (World Wide Web).

# Fungsi dan Peran HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
Http, muncul di awal setiap alamat halaman web, http menetapkan mekanisme standar untuk pertukaran ditingkat-aplikasi pesan antara perangkat di web. Semua layanan web dijalankan melalui protokol ini.

World Wide Web Consortium dan Internet Engineering Task Force, bekerja untuk pengembangan http. Protokol ini digunakan untuk pengambilan interlink dokumen teks dilayanni oleh web dan untuk mengakses sumber daya melalui web dengan menggunakan URL (Uniform Resource Locator).

Cara Kerja HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
Adapun cara kerja komunikasi sebuah http adalah sebagai berikut ini:
1. Http Client membuat sambungan dan mengirim metode permintaan ke Web Server
2. Http Server memproses permintaan Client, sementara Client menunggu respon Server
3. Web Server merespon dengan kode status dan data (jika tersedia) dan menutup sambungan.

Note: Perlu di ingat bahwa Proses transfer dan penerimaan data dari http client ke web server atau sebaliknya terjadi dalam seketika. Ya tergantung juga koneksi internet anda bagaimana. Apakah Good atau Poor.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Related Post

0 Response to "Pengertian HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) Fungsi dan Perannya"

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel di atas
= > Berkomentar dengan URL (mati/ hidup) tidak akan dipublish
= > Gunakan gaya bahasa dan tata penulisan yang mudah dipahami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel