Rabu, 10 Januari 2018

Mengenal Android Go, Khusus Untuk Smartphone Murah Perfoma Tinggi

Bagi yang jarang mengikuti perkembangan dunia teknologi, khususnya Android pasti mengira kalau seri terbaru dari system operasinya adalah Android O dengan kode Oreo. Ya memang benar Android Oreo adalah yang terbaru, namun ada Android Go yang diperkenalkan ke publik akhir tahun 2018.

Google resmi meluncurkan Android Go, bertepatan dengan finalisasi Android Oreo 8.1. Para vendor smartphone sudah bisa menyalurkan Android Go ke perangkat low-end dan Android Oreo 8.1 ke perangkat high-end buatan mereka.

Android Go

Android Go menggunakan basik Android Ore yang dirancang khusus untuk smartphone murah dengan perfoma tinggi. Tentunya Android Go dibuat seringan mungkin disesuaikan dengan hardware yang ada sehingga tetap hemat baterai tanpa mengurangi perfoma.

Seperti dijelaskan Sameer Samat, VP Product Management Android, Android Go adalah versi "ringan" dari Android O yang dikhususkan beroperasi pada perangkat Android dengan harga terjangkau. Dan kebanyakan, perangkat ini justru dijual di negara-negara berkembang termasuk Indonesia nantinya.

Menariknya, Android Go bahkan bisa berfungsi pada perangkat dengan memori di bawah 1GB. Namun, mengingat perangkat yang berjalan dengan Android Go, semua aplikasi yang diinstal adalah aplikasi "lite", atau memiliki memori yang kecil, ambil contoh seperti YouTube Go, Facebook Lite dan Twitter Lite.

Bahkan, browser Chrome di Android Go memiliki fitur Data Saver di mana tetap bisa menge-load banyak laman namun tidak mengonsumsi data secara boros. Fitur Android Go yang bisa dimanfaatkan adalah kemudahan pengguna ketika mendapatkan gambaran sebelum melakukan streaming video. Asyiknya lagi, pengguna bahkan bisa mengunduh video saat terhubung via Wi-Fi dan bisa menontonnya secara offline.

Tujuan diciptakannya Andrpid Go oleh Google adalah untuk membantu mengembangkan ekosistem smartphone murah tetapi mumpuni. Dengan begitu, pertumbuhan masyarakat online akan semakin tinggi.

The author of the blog Teknologivirtual

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon