Kelebihan dan Kelemahan Jaringan Internet Nirkabel (Tanpa Kabel) atau Wifi

Hadirnya teknologi nirkabel (tanpa kabel) dalam jaringan memberikan solusi dan sekaligus alternatif internet untuk daerah pedalaman/ terpencil yang belum terjangkau kabel optik. Bila dulunya internet hanya bisa dinikmati oleh mereka yang rumahnya dicover internet service provider (ISP) kini dengan hadirnya wifi seluruh antero nusantara dapat dijangkau.

Jadi sekarang tidak ada ceritanya orang pinggiran ketinggalan internet karena semua lapisan masyarakat telah merasakannya. Dengan adanya internet keterbukaan informasi semakin terbuka dari anak-anak, pelajar, dan orang tua telah mengenal internet.
Topologi jaringan Wifi

Karena bahasannya tentang jaringan nirkabel (tanpa kabel) maka pada artikel ini diulas mengenai kelebihan dan kelemahan jaringan wifi, berikut ini adalah penjelasannya.

Kelebihan Jaringan Wifi

  1. Dapat menjangkau daerah pedalaman, termasuk pegunungan
  2. Kuota yang dijual lebih murah daripada langganan internet selular
  3. Rata-rata paket internet yang dijual unlimited kuota, yang membedakan hanya speed upload dan downloadnya saja
  4. Jaringan wifi mudah dikembangkan untuk usaha RT/ RW Net dengan cara mencari provider kemudian menyebarkannya menggunakan acces point.

Kelemahan Jaringan Wifi

  1. Pemasangan paket internet RT/ RW Net membutuhkan biaya yang besar. Biaya tersebut bukan harga internetnya melainkan alat untuk menerima sinyal wifi. Untuk rumahan kisaran 1 juta hingga 2 juta tergantung lokasinya dekat dengan pemancar atau tidak
  2. Namanya saja jaringan nirkabel kendala utamanya adalah awan. Kalau banyak kabut dipastikan koneksi tidak stabil
  3. Biasanya antena penangkap sinyal wifi berada diketinggian, kalau hujan datang dan kilatan petir muncul tidak menutup kemungkinan kesambat petir. Memang sih telah dilengkapi anti petir namun siapa yang bisa menjamin kehendak Tuhan
  4. Bandwidth yang dibawa kerap hilang ditengah jalan. Maksudnya bila Anda berlangganan internet dengan bandwidth 10 Mbps maka yang sampai kurang dari 10 Mbps. Untuk mengantisipasi hal tersebut biasanya provider memberi lebih dari yang dibeli untuk tetap mendapatkan 10 Mbps.

0 Response to "Kelebihan dan Kelemahan Jaringan Internet Nirkabel (Tanpa Kabel) atau Wifi"

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel di atas
= > Berkomentar dengan URL (mati/ hidup) tidak akan dipublish
= > Gunakan gaya bahasa dan tata penulisan yang mudah dipahami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel