Teknologi dan Komputer

Kamis, 12 April 2018

Laptop ASUS, Lenovo, Acer, Dell, Mana Yang Paling Awet?

Teknologi Virtual

Laptop adalah perangkat komputer sebagai pengganti PC yang sifatnya portable atau bisa di bawa kemana-mana. Hampir semua pelajar dan pegawai mempunyai laptop untuk menunjang aktivitas kerja. Berikut ini Admin mempunyai pengalaman ganti laptop sebanyak 4 kali dengan merek yang berbeda. Dari ke-4 laptop tersebut manakah yang paling awet dan cepat rusak?

Pengalaman setiap orang menggunakan suatu produk hasilnya tidak sama, ada yang bagus dan tidak. Ini hanya ulasan berdasarkan pengalaman pribadi Admin siapa tahu dapat membantu Anda memilih laptop yang awet dan tidak gampang rusak.

ASUS K43U

ASUS K43U adalah laptop pertama yang dimiliki Admin dengan umur pemakaian 5 bulan. Laptop tersebut rusak pada konektor chargernya, kalau mainboard, harddisk, dan prosesornya normal-normal saja. Masalahnya daya listrik untuk mengisi baterai terputus akibat konektornya rusak. Sudah dibawa ke service center ASUS di Kediri, Jawa Timur sparepartnya tak kunjung datang. ASUS K43U dibeli pada tahun 2011, kala itu masih merupakan pemain baru di segmen laptop dan suku cadangnya masih langka.

ASUS K43U ditenagai prosesor AMD Dual Core dengan RAM DD3 sebesar 2 GB. Untuk menyimpan data disediakan harddisk sebesar 320 GB. Laptop ini sebenarnya cukup tangguh karena mampu menjalankan 3D Max dan PES 2011. Di Dieng Plaza Malang, ASUS K43U dijual dengan harga Rp. 3.800.000.

Ada beberapa alasan kenapa berani mengambil ASUS karena produknya untuk komponen komputer cukup terkenal saat itu. ASUS memproduksi mainboard, dan graphic card kelas dunia. Scara untuk laptopnya pasti awet, eh ternyata malah cepat rusak. Karena sparepartnya tidak ada akhirnya dijual pretelan satu-persatu seperti LCD, Harddiks, RAM, dan Keybaord. Casingnya jadi sampah dibuang ke sungai.

LENOVO THINKPAD E 125 AMD

Tidak mau mengulangi lagi kesalahan yang sama, sebelum membeli laptop Lenovo browsing sana-sini mencari rekomendasi dan review laptop terbaik. Kemudian ada artikel membahas tentang Lenovo Thinkpad, bukan Lenovo Ideapad. Ternyata keduanya tidak sama, meskipun sama-sama brandnya Lenono. Thinkpad adalah produknya IBM, laptop ini dibuat oleh insyinur IBM Computer.

IBM adalah perusahaan komputer terbesar di dunia yang telah diakuisisi Lenovo, sedangkan Ideapad adalah produk asli Lenovo yang bermarkas di China. Bisa dibilang ini laptop yang paling awet karena betahan selama 6 tahun lebih dan saat ini masih bisa digunakan. Lenovo Thinkpad ini dipersenjatai prosesor AMD Dual Core dengan graphic card terintegrasi di dalamnya. RAM diupgrade dari 2 GB menjadi 4 GB mampu melibas aplikasi grafis seperti adobe photoshop dan game-game berat di zamannya.

ACER ONE 14 L1040

Penasaran dengan produknya Acer akhirnya Admin mengambil Acer One 14 L1040. Ini merupakan laptop tertipis yang pernah dimiliki Admin. Kalau dilihat dari luar sungguh memikat kaum laki-laki/ perempuan. Spesifikasi yang diusung adalah Intel Atom dengan RAM 2 GB ditambah daya penyimpanan sebesar 500 GB. Sayangnya laptop slim ini cuma bertahan 1 tahun 2 bulan.

Kasusnya sama seperti ASUS, padahal Acer termasuk pemain lama di Indonesia kok suku cadangnya rusak sekali. Yang rusak pada laptop ini adalah IC Regulator/ IC Power sehingga tidak bisa dicgarger/ isi ulang. Sudah nyari kemana-mana tetap tidak meneukan IC Regulatornya, akhirnya nyerah dan ambil laptop Dell.

DELL INSPIRON 14 3463

Pilihan terakhir dan masih dipakai saat ini adalah DELL Inspiron 14 3464. Kode 14 artinya ukuran layar dalam satuan inch dan 3464 adalah serinya. Diantaranya ASUS, Lenovo, dan Acer bisa dikatakan yang paling solid bodinya. Meskipun masih menggunakan casing plastik namun kesannya premium dan kuat.

Alasan Admin mengambil produknya Dell karena ini laptop buatan Amerika. Meskipun diproduksi di China tetapi teknologinya Dell Amerika. Dell Inspiron 14 3463 dipersenjatai prosesor Intel Celereon Dual Core dengan RAM DDR3 sebesar 4 GB. Dalam paket penjualan sudah include Windows 10 Home atau Linux Ubuntu, enak bukan?

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel di atas
= > Berkomentar dengan URL (mati / hidup ) tidak akan di publish
= > Gunakan gaya bahasa dan tata penulisan yang mudah dipahami

 
hosting indonesia