2018/06/10

Perbedaan Memory RAM DDR3L VS DDR3, DDR4L VS DDR4


Beberapa hari yang lalu ada seorang teman yang menanyakan apa perbedaan Memory DDR3L dan DDR3 biasa? bagusan mana diantara kedua memory tersebut? jujur saja admin yang lama berkecimpung di dunia komputer baru mengetahui kode L pada memory.

Setelah googling sana-sini akhirnya kode L merupakan kependekan dari Low Voltage (tegangan rendah). Wah kalau Low Voltage sudah tahu dari dulu, namun penamaan kode L pada DDR3L dan DDR4L baru tahu belakangan ini.

DDR3L VS DDR3 Biasa Bagusan Mana?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut tergantung dari tujuan Anda membeli memory RAM untuk apa? menghemat baterai laptop atau power? kalau untuk menghemat baterai sangat disarankan menggunakan memory L, namun kalau tujuannya mengejar perfoma gunakan memory biasa namun suport dual channel.


Makanya kalau Anda jeli mengamati memory RAM untuk gaming kenapa tidak ada yang Low Voltage? kenapa malah ram dual channel? karena untuk memaksimalkan kinerja memproses data sementara pada komputer. Semakin cepat memory bekerja maka tegangannya tinggi.

DDR3L dan DDR4L Tidak Selamanya Powernya Rendah

Perkembangan teknologi dari hari ke hari semakin canggih, tidak menutup kemungkinan memory Low Voltage kemampuannya melebihi memory biasa untuk gaming. Hal tersebut dikarenakan perusahan periferal komputer berlomba-loma memproduksi part komputer dengan perfoma tinggi namun hemat daya.

DDR3L Hanya Bisa Digunakan Pada Motherboard dan Prosesor Mulai Generasi ke-3 Ivy Bridge

Komputer/ laptop lama dipastikan tidak bisa menggunakan memory RAM DDR3L, minimal harus menggunakan motherboard yang suport Intel generasi ke 3 (Ivy Bridge) ke atas.

Demikianlah ulasan mengenai perbedaan memory RAM DDR3L dan DDR3 biasa, semoga dapat menjawab rasa penasaran Anda akan ketidak tahuan kedua memory tersebut.

Perbedaan Memory RAM DDR3L VS DDR3, DDR4L VS DDR4 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Teknologi Virtual

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel di atas
= > Berkomentar dengan URL (mati/ hidup) tidak akan dipublish
= > Gunakan gaya bahasa dan tata penulisan yang mudah dipahami