Teknologi dan Komputer

Aplikasi Terbaik Untuk Defrag SSD (Solid State Drive)


Di luar sana terjadi pro kontra tentang perlunya defragmentation Solid State Drive (SSD), banyak praktisi komputer yang menyarankan untuk tidak defrag SSD karena dapat memperpendek umur SSD. Meskipun Anda mencoba defrag hasilnya tidak jauh berbeda dengan sebelum didefrag hal itu disebabkan karena cara kerjanya berbeda dengan harddisk.

SSD menggunakan sistem TRIM yang suport Windows 7 keatas dan tidak lagi fragmentasi seperti pada harddisk. Seiring berjalannya waktu ada developer yang mengembangkan aplikasi khusus untuk defrag SSD, aplikasi tersebut bernama Auslogics Disk Defrag.

Meskipun nama aplikasinya ada kata "Defrag" namun cara kerjanya berbeda seperti defrag harddisk. Mungkin dengan cara mengoptimalkan sistem TRIM pada SSD. Auslogics Disk Defrag mempunyai 2 fungsi utama yaitu defrag SSD dan harddisk, jadi Anda bisa menggunakan keduanya bila memakai SSD dan harddisk.
Auslogics Disk Defrag
Tampilkan program Auslogics Disk Defrag

SSD adalah media penyimpanan terbaru yang diciptakan untuk menggantikan fungsi harddisk. SSD tidak lagi menggunakan piringan cakram sebagai media penyimpanan melainkan chip layaknya Flashdisk.

SSD diklaim mempunyai kecepatan baca dan tulis 10 kali lipat jika dibandingkan harddisk. Dalam penggunaan jangka panjang, SSD lebih awet jika dibandingkan harddisk. Harga SSD yang masih tinggi biasanya digunakan oleh gamer untuk master program, sedangkan untuk menyimpan data memakai harddisk biasa.

Jika Anda ingin download Auslogics Disk Defrag silahkan download melalui link berikut ini. Tersedia untuk versi gratisan dan berbayar, jadi pilih salah satu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Aplikasi Terbaik Untuk Defrag SSD (Solid State Drive)

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel di atas
= > Berkomentar dengan URL (mati/ hidup) tidak akan dipublish
= > Gunakan gaya bahasa dan tata penulisan yang mudah dipahami