Membedakan Wujud Memory (RAM) Komputer Dekstop dan Laptop

Memory (RAM) yang terpasang pada sebuah komputer dekstop/ laptop fungsinya asalah sama yaitu untuk menyimpan data sementara saat komputer dinyalakan. Tugas memory berakhir ketika komputer di Shutdown.

Semakin besar spesifikasi memory maka komputer memproses aplikasi yang berjalan sangat cepat. Makanya bila komputernya lemot biasanya yang diupgrade adalah memory bukan prosesor. Kenapa memory? karena harganya yang paling terjangkau bila dibandingkan part lainnya.

Banyak pengguna komputer dekstop/ laptop yang belum bisa membedakan wujud memory untuk kedua jenis komputer tersebut. Yang pasti ukuran memory laptop lebih kecil dan pendek jika dibandingkan yang dekstop.

Sebutan lain untuk memory laptop adalah SODIMM (Small Outline Dual In-line Memory Module). Jadi nanti bila Anda ingin membeli memory laptop maka keyword yang harus diketik adalah SODIMM DDR3 atau SODIMM DDR4.

Bila Anda paham perbedaan wujud memory komputer dekstop/ laptop maka keuntungannya adalah mudah dalam membeli memory karena bisa membedakannya. Berikut ini penampakkan memory komputer dan laptop.
Memory komputer dekstop
Memory komputer dekstop

Memory laptop/ SO-DIMM
Memory laptop/ SO-DIMM

Varian memory komputer dekstop ada 2 yaitu untuk pengguna biasa dan gaming namun kalau untuk laptop ada 3 yaitu pengguna biasa, gaming, dan low voltage. Demikianlah informasi perbedaan wujud memory komputer dan laptop semoga bermanfaat untuk pembaca.

Baca: Cara Melihat Jumlah Memory Slot Tanpa Membuka Casing PC

0 Response to "Membedakan Wujud Memory (RAM) Komputer Dekstop dan Laptop"

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel di atas
= > Berkomentar dengan URL (mati/ hidup) tidak akan dipublish
= > Gunakan gaya bahasa dan tata penulisan yang mudah dipahami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel