2018/08/05

Yang Harus Diperhatikan Saat Upgrade Memory (RAM), Jangan Sampai Salah Beli


Upgrade adalah proses meninggikan atau menaikkan sesuatu, dalam hal ini memory komputer. Kebalikan dari upgrade adalah downgrade/ menurunkan/ merendahkan. Baiklah sesuai dengan judul artikelnya kali ini admin membagikan informasi hal apa saja yang harus diperhatikan saat akan upgrade memory.

Upgrade memory PC pada dasarnya dibedakan menjadi 2 yaitu mengganti memory lama dengan memory baru namun spesifikasinya lebih tinggi dari sebelumnya dan menambahkan memory baru pada slot yang masih kosong dengan spesifikasi yang sama dengan sebelumnya.

Supaya mudah memahami, skemanya kurang lebih seperti ini:
1. Misalnya ingin upgrade memory 4 GB ke 8 GB, Anda bisa mengganti memory lama dengan 8 GB yang baru
2. Misalnya ingin upgrade memory 4 GB ke 8 GB, Anda bisa menambahkan lagi kepingan memory sebesar 4 GB kemudian dipasang pada slot yang masih kosong. Total dari keduanya sama-sama 8 GB.

2 Keping Memory Lebih Baik Daripada 1 Keping

Bila komputer/ laptop tersedia lebih dari 1 slot maka sebaiknya kalau ingin upgrade pakailah 2 keping memory. Meskipun sama totalnya 8 GB kalau memakai 2 keping lebih cepat daripada 1 keping. Bahkan ada memory dual channel untuk meningkatkan perfoma komputer.

Upgrade Dengan Mengganti Memory Direkomendasikan Untuk Laptop Yang Tersedia 1 Slot

Yang mempunyai 1 slot memory adalah laptop, kalau motherboard komputer dekstop biasanya ada 2 bahkan sampai 8 slot. Jumlah maksimal slot memory pada laptop adalah 2, hal itu untuk merampingkan body laptop.

Silahkan cek dulu berapa jumlah slotnya, kalau adanya cuma 1 terpaksa Anda harus mengganti memory dengan spesifikasi yang lebih besar dari sebelumnya,.

Sesuaikan Ukuran PC Pada Memory

Poin ini perlu diperhatikan bila upgrade memory dengan cara menambahkan kepingan memory, bukan mengganti. PC yang dimaksud bukan Personal Computer melainkan ukuran pada memory.

Misalnya memory yang digunakan adalah Kingston KVR DDR4 2133 MHz (PC 17000) 4GB, bila ingin upgrade berarti memory yang dibeli PC-nya harus sama yaitu 17000. Lalu bagaimana jika PC-nya beda? tetap bisa digunakan namun perfomanya tidak maksimal.

Cara mengentahui PC Memory bisa dengan melihat spesifikasi komputer. Caranya silahkan baca pada artikel berikut ini.


Kesimpulan! Upgrade Itu Meninggikan, Tidak Harus Mengganti

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa namanya upgrade itu meninggikan dengan cara mengganti atau menambahkan memory. Jadi kalau bisa ditambahkan yang tidak harus mengganti.

Yang Harus Diperhatikan Saat Upgrade Memory (RAM), Jangan Sampai Salah Beli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Teknologi Virtual

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel di atas
= > Berkomentar dengan URL (mati/ hidup) tidak akan dipublish
= > Gunakan gaya bahasa dan tata penulisan yang mudah dipahami