2018/09/03

Cara Mempercepat Proses Kiriman Jual Beli Online


Cepat dan tidaknya kiriman barang hasil jual beli online dipengarui oleh 2 faktor yaitu kecepatan penjual dalam merespon pembeli dan ekspedisi yang mengantarkan barang ke penerima. Kalau tidak bisa membedakan kedua faktor tersebut pasti mengatakan lamanya kiriman disebabkan oleh penjual padahal bisa juga dari ekspedisi yang dipilihnya.

Rata-rata marketplace di Indonesia memberikan kesempatan bagi penjual selama 2x24 jam untuk memproses pesanan dan mengirimkannya melalui jasa pengiriman barang/ ekspedisi. Bila melewati batas waktu yang telah ditentukan maka uang akan dikembalikan ke pembeli, ini adalah keuntungan belanja online menggunakan rekening bersama (rekber).

Baca: Cara Mempercepat Proses Pengiriman Barang di Bukalapak

Berdasarkan penjelasan singkat di atas dapat disimpulkan bahwa soal lama dan tidaknya penjual memproses pesanan sepertinya tidak jadi masalah karena nggak ada yang diruginkan, namun kalau disebabkan oleh ekspedisi baru memerlukan tindakan khusus supaya kiriman cepat sampai ke penerima.

Mempercepat Proses Kiriman Barang Oleh Kurir


1. Hubungai Jasa Pengiriman Barang/ Ekspedisi

Setiap pembeli berhak mendapatkan nomor resi sebagai bukti bahwa barang tersebut telah dikirimkan. Setelah diketahui nomornya cek status kiriman di masing-masing website/ aplikasi jasa pengiriman barang.

Silahkan lihat history pengiriman telah sampai mana, bila ada kejanggalan misalnya status kiriman tidak berubah dan belum menerima barang melebihi estimasinya maka segera menghubungi Customer Service jasa pengiriman barang untuk menanyakan permasalahan tersebut.

2. Hubungai Marketplace Untuk Minta Bantuan

Marketplace artinya yang menyediakan toko untuk para penjual, contohnya Bukalapak dan Tokopedia. Sebaiknya Anda komplain dulu ke marketplace tersebut supaya uang tidak langsung diterukan ke penjual. Setelah itu utarakan detail permasalahannya sejelas mungkin, kalau perlu lampirkan screenshot trackingnya.

Nantinya pihak martketplace juga membantu Anda menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menghubungi pihak ekspedisi. Intinya semakin banyak yang laporan maka kiriman tersebut akan diprioritaskan untuk segera kirim.

3. Hubungi Penjual

Tanpa dikasih tahu sebenarnya penjual juga memantau perkembangan barang yang dikirimkannya, bila tidak sampai ke penerima maka penjual tidak mendapatkan uang dan malah dikembalikan kepada pembeli.

Bila merasa ada yang tidak beres dengan proses kirim beritahu juga si Penjual untuk membantu Anda mencarikan solusi terbaik atas permasalahan tersebut. Jangan tiba-tiba langsung sewot ya karena malah tidak direspon sama penjual, sebaiknya pakai kata-kata yang sopan insyaAllah akan dibantu semaksimal mungkin.

Cara Mempercepat Proses Kiriman Jual Beli Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Teknologi Virtual

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel di atas
= > Berkomentar dengan URL (mati/ hidup) tidak akan dipublish
= > Gunakan gaya bahasa dan tata penulisan yang mudah dipahami