Teknologi dan Komputer

Apakah Blog AMP Lebih Cepan Diindeks Google?


Pertanyaan seberapa bagusnya blog AMP jika dibandingkan blog HTML5? cepat diindeks mana antara blog AMP VS HTML5? pertanyaan ini kerap dilontarkan oleh teman-teman blogger. Yang sudah paham apa itu AMP langsung merombak blognya menggunakan template AMP, namun yang artikelnya banyak berjumlah ribuan tetap mempertahankan HTML5.

AMP merupakan kependekan dari Accelerated Mobile Page sebuah program open-source dari Google yang dibuat dengan tujuan memberikan mobile internet yang lebih cepat dan lebih baik. AMP pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 2016 yang lalu dan kini pengguna blog AMP semakin banyak.
AMP Google

Admin juga mempunyai blog AMP untuk platform WordPress sedangkan untuk platform Blogger tidak punya. Ada beberapa alasan kenapa sebagian blog masih betahan menggunakan template HMTL5 ya karena artikelnya sudah banyak dan ketika ganti AMP maka harus merubah tata cara penulisannya satu-persatu.

Hadirnya AMP diharapkan dapat mempercepat loading blog terutama ketika dibuka pada hape/ smartphone, bisa dikatakan merupakan penerus tampilan responsive pada template HTML5. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan Google, blog yang membutuhkan loading selama 3 detik maka langsung ditinggalkan pengunjung dan mencari blog yang bisa dibuka artikelnya kurang dari 3 detik.

Banyak master blog dan ahli Search Engine Optimization yang mengatakan AMP mudah diindeks Google, AMP diprioritaskan Google jika dibanding HTML5. Dulu Admin sependapat dengan pendapat tersebut namun setelah mengikut Webminar Google Search Console semuanya berbeda.

Jadi gini... Webminar Google sebenarnya ditujukan untuk para publisher Google AdSense, materi yang disampaikan kebanyakan berkaitan dengan peningkatan pendapatan AdSense namun ada bonusnya yaitu pengenalan Google Search Console.

Baca: Pengertian Webminar dan Seminar Secara Lengkap

Seperti biasa diakhir sesi selalu ada tanya jawab dari para blogger, salah satu pertanyaannya adalah Apakah blog AMP akan diidenks duluan jika dibandingkan blog HTML5?

Webminar yang diselenggarakan pada tanggal 09 Oktober 2018 tersebut dibuka oleh Felicia Hendrawan  strategi Partner Manager Indonesia dan Aldrich Crhistopher team Google Webmaster regional Indonesia.

Aldrich Crhistopher menjawab pertanyaan tersebu dengan mengatakan...

AMP dan HTML5 hanya sebuah tool atau alat untuk membuat template blog. Mengenai cepat diindeks atau tidak bukan dipengaruhi AMP maupun HTML5 melainkan fokus pengguna.

Baca: Cara Membuat Blog WordPress Menjadi AMP Google

Fokus pengguna di sini artinya kebutuhan orang ketika mencari di mesin pencari Google. Ibaratnya artikel nomor satu untuk mendongkrak visitor blog.

Demikianlah informasi mengenai blog AMP dan HTML5, buat teman-teman blogger yangt terlanjut memakai HTML5 jangan berkecil hati dan tetap tulis artikel menarik sesuai kebutuhan orang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Apakah Blog AMP Lebih Cepan Diindeks Google?

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel di atas
= > Berkomentar dengan URL (mati/ hidup) tidak akan dipublish
= > Gunakan gaya bahasa dan tata penulisan yang mudah dipahami