Cara Downgrade Gutenberg Editor WordPress ke Tampilan Lama

Update WordPress versi 5.0 pada tanggal 8 Desember 2018 membuat pengguna platform tersebut bingung karena tampilan editornya berubah total diganti dengan Gutenberg Editor. Karena ini masih baru maka butuh waktu lama supaya terbiasa menulis artikel di Gutenberg Editor.

Bagi yang belum tahu apa itu Gutenberg Editor berikut ini penjelasannya. Gutenberg Editor adalah editor terbaru yang diciptakan untuk menggantikan Editor lama pada WordPress. Gutenberg hadir dengan tampilan yang lebih modern dan kaya fitur.

Kehadiran Gutenberg Editor pada WordPress 5.0 tidak disambut baik oleh para blogger karena dinilai terlalu ribet jika dibandingkan editor lama. Karena alasan itulah mereka menginginkan untuk kembali menggunakan Classic Editor.

Karena kurang kepuasan inilah pihak WordPress langsung tanggap dengan merilis plugin Classic Editor. Fungsi plugin ini adalah untuk tetap menggunakan tampilan klasik sebagai defaultnya. Menariknya lagi pengguna bisa mengatur sendiri untuk masing-masing postingan mau menggunakan Gutenberg Editor (Block Editor) atau Classic Editor.

Kalau dibaca dari namanya sepertinya nama Gutenberg berasal dari Swedia, mungkin developernya pak Gutenberg hehe. Informasi selengkapnya mengenai Gutenberg Editor silahkan baca artikel berikut ini.

Baca: Cara Mengembalikan Gutenberg Editor ke Classic Editor WordPress

Downgrade Gutenberg Editor ke Classic Editor WordPress

Untuk mengembalikan editor ke classic tidak perlu downgrade WordPress melainkan cukup install plugin Classic Editor. Setelah itu aktifkan plugin dan masuk ke Setting Classic Editor.

Downgrade Gutenberg Editor WordPress ke Tampilan Lama

Perhatikan gambar di atas!
Default editor for all new user terdiri dari pilihan yaitu Classic Editor dan Block Editor. Bila ingin merubah defaultnya ke editor lama maka pilih Classic Editor, namun bila tetap ingin menggunakan Gutenberg Editor maka pilih Block Editor.

Allow user to switch editor, bila Anda memilih Yes maka opsi editor pada postingan artikel ada 2 yaitu Block Editor dan Classic Editor. Kalau ingin menggunakan hanya Classic maka pilih Yes.

Note: Gutenberg Editor hadir dengan fitu-fitur baru untuk kenyamanan pengguna, jadi sebelum memutuskan untuk downgrade pikirkan dulu mau lanjut atau tidak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi blogger WordPress.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel