Macam-Macam Prosesor Apple A Series

Prosesor Apple A Series

Sekarang Apple secara mandiri telah memproduksi prosesor untuk perangkat mobilenya seperti iPhone dan Tab menggunakan prosesor Apple A Series. Kalau selama ini Anda hanya mengetahui jenis-prosesor untuk smartphone Android maka tidak ada salahnya mengetahui prosesor yang dipakai oleh kompetitor yaitu Apple A.

Sebelum benar-benar memproduksi sendiri dulu Apple bekerja sama dengan Samsung. Mereka berdua saling bertukar teknologi pengembangan prosesor. Samsung lebih dulu mengenalkan Exynos sebagai prosesor smartphonenya maka tak lama kemudian Apple A di rilis.

Mengenai kecepatan keduanya bersaing ketat dan bahkan mampu bersaing dengan Qualcom Snapdragon yang ada lebih dulu. Sebelum prosesor seri A diperkenalkan, Apple menggunakan prosesor yang tidak jauh berbeda dari iPod touch untuk iPhonenya. Untuk iPhone pertama yang diluncurkan pada 29 Juni 2007, Apple menanamkan APL0098 single-core 412 MHz.

Jenis-Jenis Prosesor Yang Dipakai Apple


Apple A4

Prosesor A4 secara perdana ditanam ke dalam iPad. Setelah iPad, giliran iPhone 4, iPod touch, dan Apple TV generasi kedua. Clock speed untuk prosesor ini adalah 800 MHz.

Apple A5

A5 kembali didesain oleh Apple dan dimanufaktur Samsung. Apple mengklaim prosesor terbarunya itu memiliki kemampuan dua kali lipat dari versi A4 sebelumnya dan GPU-nya mampu mendongkrak kemampuan grafisnya hingga 9 kali lipat. Prosesor itu kemudian ditanam ke dalam 4S.

Apple A6

Apple A6 diluncurkan 12 September 2012, bersamaan dengan peluncuran iPhone 5, setahun kemudian prosesor itu juga ditanamkan ke ponsel murah Apple, 5C.

Apple A7

Apple A7 pertama kali disematkan ke dalam iPhone 5S dan diperkenalkan pada September 2013. Selain iPhone, prosesor itu juga ditanam ke dalam iPad Air, iPad Mini 2 dan iPad Mini 3. Apple mendongkrak kecepatannya hingga 1.3-1.4 GHz, dual core.

Apple A8

Apple A8 mulai diperkenalkan kepada publik pada 9 September 2014, bersamaan dengan peluncuran iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Setahun kemudian prosesor itu juga ditanamkan ke dalam iPad Mini 4. Apple mengklaim prosesornya tersebut memiliki kemampuan CPU 25 persen lebih besar, kemampuan grafis 50 persen lebih besar, namun hanya memakan 50 persen daya lebih kecildibandingkan dengan prosesor generasi sebelumnya, A7. Meski kemampuannya lebih besar daripada pendahulunya, namun ukuran prosesor ini 13 persen lebih kecil dibanding pendahulunya menjadi hanya 89mm2.

Apple A9

Prosesor generasi terbaru ini disematkan ke dalam iPhone 6S dan 6S Plus, yang diperkenalkan pada September 2015. Apple mengklaim performa CPU-nya 70 persen dan performa grafisnya 90 persen lebih besar dibandingkan A8. iPhone SE juga akhirnya disematkan prosesor ini.

Apple A10 Fusion

Prosesor ini disematkan ke dalam iPhone 7 dan 7 Plus yang pertama kali diluncurkan pada 7 September 2017. Prosesor ini mengusung desain quad core dengan dua core performa tinggi serta dua core lebih kecil yang sangat efisien.

Apple A11 Bionic

Nah, ini prosesor tergarang yang dimiliki Apple saat ini. Seperti yang kamu tahu, Apple baru saja merilis ponsel flagship yang luar biasa iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X. Semuanya baru dirilis pada 12 September lalu. Kalau kemampuan A10 Fusion sudah luar biasa, kemampuan A11 Bionic ini sudah di luar nalar. Prosesor ini diklaim 25 persen lebih kencang daripada A10 Fusion dan 70 persen lebih cepat dibandingkan A10 yang sudah hemat daya.
Macam-Macam Prosesor Apple A Series Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tekno

0 komentar: