Mengenal 4 Macam Revolusi Industri Dari Awal Hingga Akhir

Revolusi Industri Keempat (Industri 4.0)

Debat calon presiden (capres) putaran kedua antara bapak Joko Widodo versus Prabowo Subianto memang cukup menarik karena salah satu bahasannya mengenai revolusi industri 4.0. Terakhir mendapatkan materi ini ketika duduk dibangku SMA yang masuk dalam pelajaran sejarah.

Seingat admin, revolusi industri pertama kali terjadi di Inggris dan yang memulainya adalah pabrik tekstil. Seiring berjalannya waktu revolusi industri juga mengalamai perkembangan sesuai kemajuan teknologi.

Penasaran ingin mempelajari sejarah perkembangan revolusi industri berikut ini akan dijabarkan penjelesannya yang dikutip dari berbagaia sumber.

Sejarah Perkembangan Revolusi Industri


Revolusi Industri Pertama (Industri 1.0)

Industri 1.0 atau revolusi industri pertama terjadi pada abad ke 18 (1760-1840) di Inggris saat memperkenalkan dan menggunakan mesin bertenaga uap dan air sebagai sumber tenaga pengganti produksi manual oleh manusia dan hewan.

Pada waktu itu, istilah “pabrik” menjadi sedikit populer. Salah satu industri yang pertama mengadopsi metode tersebut adalah industri tekstil.

Revolusi Industri Kedua (Industri 2.0)

Revolusi industri yang kedua terjadi antara tahun 1870 dan 1914 dengan memperkenalkan sistem yang sudah ada sebelumnya seperti listrik dan jalur perakitan ke dalam industri.

Elektrifikasi pabrik berkontribusi besar pada tingkat produksi. Produksi baja secara massal membantu memperkenalkan jalur perakitan ke dalam sistem, yang berakibat pada produksi massal.

Revolusi Industri Ketiga (Industri 3.0)

Revolusi industri ketiga terjadi antara tahun 1950 dan 1970 dimana terjadi perubahan dari sistem analog dan mekanis menjadi digital sehingga sering disebut sebagai Revolusi Digital atau Era Informasi.


Revolusi ini merupakan hasil dari perkembangan teknologi komputer,  informasi dan komunikasi sehingga teknologi otomatisasi banyak digunakan dalam kegiatan industri.

Revolusi Industri Keempat (Industri 4.0)

Memasuki Industri 4.0, ditandai meningkatnya konektivitas, interaksi, dan batas antara manusia, mesin, dan sumber daya lainnya yang semakin konvergen melalui teknologi informasi dan komunikasi.

Implementasi Industry 4.0 tidak hanya memiliki potensi luar biasa dalam merombak aspek industri, bahkan juga mampu mengubah berbagai aspek dalam kehidupan manusia.

Salah satu rujukan awal soal revolusi industri 4.0, Dalam buku The Fourth Industrial Revolution (2016) yang ditulis oleh Klaus Schwab, chairman World Economic Forum, menyebutkan bahwa revolusi kali ini tak hanya mengubah bagaimana bisnis dijalankan dan para pekerja berelasi, tapi juga bagaimana orang menjalani kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, revolusi industri 4.0 diproyeksikan mempengaruhi perilaku personal secara mendalam.

0 Response to "Mengenal 4 Macam Revolusi Industri Dari Awal Hingga Akhir"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel