Teknologi dan Komputer

Tahapan Penghapusan Layanan Google+ Pada Blogger


Bereberapa hari yang lalu Team Google+ mengumumkan bahwa mulai tanggal 4 Februari 2019 layanan Google+ dihapus secara bertahap. Setelah itu mulai tanggal 5 Februari 2019 Google juga mengumumkan penghentian semua layanan Google+ pada platform blogger.com.

Notifikasi/ pemberitahuan ini bisa dilihat dimasing-masing dashboard blogger.com, setidaknya ada 4 tahapan proses penghetian Google+. Selengkapnya bisa Anda baca ulasannya berikut ini sampai habis.

Baca: Google+ Versi Konsumen Resmi Dihapus Google

Jadi tombol share ke Google+, profil Google+, dan Google Follower bakalan nggak bisa diakses. Bila menggunakan template hasil custom pastikan menghapus Google+ secara manual. Dengan dinonaktifkannya layanan ini maka untuk share artikel bisa mengandalkan Facebook dan Twitter.

Berikut ini cuplikan tahapan penghentian Google+ pada blogger yang diambil dari dasbhoard blogger.

4 Tahapan Penghapus Layanan Google+ di Blogger.com

Tahapan penghapusan Google+ pada Blogger.com
Sumber: dashboard blogger.com

Sebagai tindak lanjut dari pengumuman penghentian Google+ API yang dijadwalkan akan dilakukan pada Maret 2019, sejumlah perubahan akan dilakukan pada integrasi Google+ di Blogger pada 4 Februari 2019.

Widget Google+: Dukungan untuk widget “Tombol +1”, “Pengikut Google+”, dan “Badge Google+” pada Tata Letak tidak akan tersedia lagi. Semua instance widget ini akan dihapus dari blog Anda. 

Tombol +1: Tombol +1/G+ dan link berbagi Google+ di bawah entri blog dan pada menu navigasi akan dihapus. 

Perlu diketahui bahwa jika menggunakan template kustom yang menyertakan fitur Google+, Anda mungkin perlu memperbarui template Anda. Harap hubungi supplier template Anda untuk mendapatkan saran. 

Komentar Google+: Dukungan untuk komentar Google+ akan dinonaktifkan, dan semua blog yang menggunakan komentar Google+ akan dikembalikan ke menggunakan komentar Blogger. Sayangnya, komentar yang diposting sebagai komentar Google+ tidak dapat dimigrasikan ke Blogger dan tidak akan muncul lagi di blog Anda. 

Demikianlah informasi tahapan penghentian dan penghapusan Google+, sebagai gantinya semoga Google lebih mengoptimalkan lagi layanan lain yang menguntungkan blogger.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags:

Related: Tahapan Penghapusan Layanan Google+ Pada Blogger