Perjuangan Ngeblog Hampir Berakhir

Sekarang tahun 2019 dan mulai menjadi publisher Google AdSense 2014 yang lalu. Selama 5 tahun ini jatuh bangun mengembangkan blog demi keuntungan dan Alhamdullilah berkat ketelatenan Saya bisa mencukupi kebutuhan sehari hari.

Selain ngeblog juga mengelola channel YouTube dengan tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan. Saya lihat belakangan ini banyak blogger yang beralih ke YouTube karena persaingan memenangkan mesin pencari kian sulit.

Dunia marketing dikuasai orang berduit saja dan untuk blogger kere seperti Saya sulit tembus halaman pertama Google. Sekarang mau mencari apapun sudah diborong oleh media seperti website TV nasional liputan6, metro news, detik, dan lain sebagainya.



Mereka benar-benar merekrut penulis yang paham algoritma Google sehingga ketika dipublish selalu muncul di halaman pertama Google. Jujur setelah tahun 2016 pendapatan dari blog kian turun karena visitor juga turun.

Berikut ini akan Saya bandingkan page view 3 blog Saya yang masih aktif yaitu bimbingankonseling.web.id, indoamaterasu.com, dan teknologivirtual.com. Ketiga blog tersebut dikelola menggunakan platfom blogger.

Sebenarnya masih ada 1 blog lagi namun tidak masuk dalam ulasan ini karena menggunakan platform WordPress.org.

Page Views BimbinganKonseling.web.id
Page Views BimbinganKonseling.web.id

Page Views Teknologivirtual.com
Page Views Teknologivirtual.com

Page Views Indoamaterasu.com
Page Views Indoamaterasu.com

Page Views dari ketiga blog di atas sangat jauh dari yang diharapkan, bahkan untuk setiap blog tidak pernah mendapatkan $1. Dulu sih dapat $50 hingga 200$ dalam sehari gampang banget namun sekarang harus berjuang mati-matian.

Untungnya disaat pendapatan blogger menurun, YouTube mulai berjalan. Memang sih dapatnya nggak seberapa namun paling tidak bisa buat kebutuhan sehari-hari.

Sulitnya bersaing menulis artikel blog sempat kepikiran untuk "Pamit" seperti yang dikatakan "Ria Ricis."

Alasannya karena pengunjung blog makin turun dan pendapatan juga turun. Meskipun begitu Saya tetap bertekat untuk ngeblog selama-lamanya meskipun hasilnya nggak seberapa. Setidaknya apa yang Saya tulis sekarang bisa menjawab kebutuhan Anda ketika membuka mesin pencari.

0 Response to "Perjuangan Ngeblog Hampir Berakhir"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel